Bagaimana Menjadi Seorang Profesional Kreatif Yang Hebat Di Industri Kreatif

Masuk ke industri kreatif akhir-akhir ini tidaklah mudah; itu membutuhkan bakat, dedikasi dan kualifikasi yang sangat baik, di atas sejumlah keterampilan lainnya. Jadi, apa sebenarnya yang membuat profesional kreatif hebat yang dihormati dan ingin dipekerjakan oleh perusahaan?

Rumusnya tidak lagi sesederhana bakat dan pendidikan, akhir-akhir ini di atas persyaratan dasar ini, Anda harus menjadi titik kontak yang sangat baik, memiliki hubungan pelanggan yang berpotensi baik, serta keterampilan manajemen proyek dan organisasi. Untuk menjadi profesional kreatif yang hebat, Anda perlu menunjukkan bahwa Anda berdedikasi dan bersedia bekerja sangat keras.

Jadi, jika Anda baru saja lulus dari Universitas atau mengikuti kursus pelatihan kreatif, kabar buruknya adalah Anda belum akan dipertimbangkan untuk pekerjaan di industri kreatif, sama seperti industri kreatif Indonesia. Banyak pemberi kerja akan memilih seorang profesional berpengalaman yang bersedia bekerja hingga larut malam dan menangani sendiri proyek tersebut, daripada seorang profesional yang baru lulus. Anda sebagai lulusan mungkin mengetahui program ini dengan sangat baik, namun, tidak seperti profesional yang lebih tua, Anda belum mempraktikkannya dalam kapasitas profesional sebanyak itu. Namun, ini tidak berarti Anda tidak memiliki keterampilan yang menarik bagi atasan Anda – yang harus Anda lakukan hanyalah menunjukkannya.

Antusiasme dapat membantu Anda melangkah jauh dengan perusahaan yang tepat. Tunjukkan cinta dan antusiasme Anda untuk pekerjaan Anda pada aplikasi dan melalui portofolio Anda. Portofolio Anda juga harus menunjukkan bakat, pengetahuan dan antusiasme, inisiatif dan inovasi. Jadi ambillah inisiatif dengan portofolio Anda dengan menghubungi perusahaan dan menanyakan apakah mereka tertarik dengan pekerjaan Anda dan ingin Anda melakukan beberapa untuk mereka – sayangnya itu mungkin tidak dibayar tetapi itu akan menunjukkan inisiatif di pihak Anda. Cobalah untuk selalu memperbarui portofolio Anda dan pastikan memiliki banyak variasi untuk menunjukkan berbagai keterampilan dan bakat Anda – faktor penting dalam industri kreatif.

Buktikan keterampilan komunikasi Anda kepada atasan Anda. Tidak ada yang bisa menjalani wawancara di industri kreatif jika mereka tidak memiliki keterampilan komunikasi untuk menghadapi umpan balik dan kritik. Bahkan jika Anda memiliki tingkat pelatihan Adobe yang paling tinggi, Anda tidak akan bisa mendapatkan pekerjaan jika Anda tidak dapat berurusan dengan klien. Karena profesional kreatif, terutama di media digital dan desain, harus memenuhi kebutuhan klien, mereka harus dapat bekerja dengan mereka, menerima umpan balik dan kritik dengan pikiran terbuka. Pikirkan kembali peran di mana Anda telah melakukan kontak langsung dengan pelanggan, apakah itu dalam pos kreatif atau penjualan, dan tunjukkan bagaimana hal ini telah membantu Anda mengembangkan keterampilan interpersonal Anda.

Formula untuk seorang profesional kreatif yang hebat agak rumit tetapi dapat dicapai jika Anda bekerja sangat keras pada portofolio Anda, menunjukkan semua keterampilan dan bakat profesional yang lebih berpengalaman. Ini masalah membuktikan bahwa Anda memiliki lebih banyak atau bahkan lebih untuk berkontribusi daripada profesional yang lebih tua.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *