Cara merawat burung kenari

Mau Pelihara Burung Kenari? Pahami 7 Hal Penting Ini Dulu

Burung kenari dikenal karena warnanya yang indah dan suaranya yang menyanyi serta merupakan hewan peliharaan yang menyenangkan. Sebelum membawa pulang burung penyanyi baru Anda, pastikan Anda memiliki semua yang Anda butuhkan untuk membuatnya bahagia dan sehat.

Perawatan dan pemeliharaan

Burung kenari bisa sangat penakut, jadi sebaiknya pelan-pelan saat menanganinya. Selama Anda memberi burung Anda makanan dan air yang cukup, sumber hiburan dan lingkungan yang nyaman, mereka akan senang di habitat baru mereka.

Burung kenari jantan sering bernyanyi – biasanya untuk menarik perhatian betina. Untuk menyanyi, pria harus dalam keadaan sehat. Namun, mereka mungkin tidak bernyanyi sepanjang tahun dan cenderung tidak banyak bernyanyi jika berbagi kandang dengan betina. Ada banyak jenis kenari; tidak semua burung penyanyi karena beberapa dibiakkan untuk warna, bulu atau fitur lainnya.

Pengaturan

Hewan peliharaan Anda akan membutuhkan kertas di dasar kandangnya. Ini akan memungkinkan Anda memantau jumlah, ukuran, warna, dan konsistensi kotoran.  Kenari Anda akan senang tinggal di habitat barunya dan tidak perlu dikeluarkan terlalu sering, terutama jika mereka memiliki objek yang berbeda untuk berinteraksi. Bola dan millet adalah beberapa hal favorit kenari Anda. Tempatkan barang-barang ini di kandang mereka untuk mendorong aktivitas dan perkembangan kognitif.

Burung kenari menyukai jenisnya sendiri dan senang dipelihara bersama pasangan atau dalam kawanan. Mereka senang tinggal di sangkar burung atau, jika Anda memperkenalkan kawanan teman baru ke rumah Anda, di kandang burung. Pilih kandang berukuran cukup untuk burung kenari Anda tergantung pada seberapa banyak ruang yang Anda miliki dan jumlah burung yang ingin Anda kumpulkan. Aturannya adalah, semakin lama semakin baik!

Makanan

Pelet standar dan campuran biji menjadi makanan dasar yang baik untuk burung kenari. Pastikan Anda menyegarkan mangkuk pelet mereka setiap hari. Karotenoid dalam makanannya akan membantu memberi warna cerah pada bulu kenari Anda. Burung kenari juga menyukai berbagai macam benih dan sayuran yang mulai berkecambah. Mereka harus berbuah hanya sekali seminggu. Berikan juga Kenari Anda optimaxx vitamin burung untuk meningkatkan performa.

Burung Anda membutuhkan akses ke air bersih setiap saat, jadi pastikan mereka memiliki wadah air . Makanan favorit dan kebiasaan makan mereka berbeda-beda, bergantung pada varietasnya. 

Perjalanan

Cara terbaik untuk mengangkut kenari Anda adalah dengan membawa kotak atau kandang mamalia yang lebih kecil dari kandang biasanya, tidak menyesakkan, tetapi cukup besar untuk kenyamanan, terutama jika Anda memiliki lebih dari satu.

Tinggalkan barang yang tidak aman atau benda tajam di rumah untuk mencegah kenari Anda terluka. Satu atau dua jeruji yang terpasang dengan aman sudah cukup bagi burung Anda untuk menikmati perjalanannya.

Amankan kandang dengan sabuk pengaman. Untuk perjalanan yang lebih jauh, Anda mungkin perlu melindungi kandang dari sinar matahari langsung dan menghentikan air agar hewan peliharaan Anda tetap terhidrasi dan nyaman.

Dandan

Burung kenari akan merawat diri secara teratur, merapikan bulunya, mandi, dan membersihkan paruhnya.

Pergantian bulu adalah area yang mungkin membutuhkan bantuan burung Anda. Untuk burung kenari, rontok bulu merupakan acara tahunan, biasanya setelah musim kawin. Jadi, jika kenari Anda dipelihara di dalam lingkungan yang terkendali, mereka mungkin mengalami masalah saat berganti kulit. Nutrisi yang baik diperlukan selama masa rontok bulu dengan peningkatan karotenoid jika Anda menginginkan pertumbuhan dan warna bulu yang baik.

Kesehatan

Burung kenari pandai menyembunyikan penyakit. Minta dokter hewan  Anda melakukan pemeriksaan kesehatan segera setelah pembelian. Perhatikan perubahan kotoran mereka karena ini dapat membantu penilaian kesehatan.

Lakukan tindakan pencegahan terhadap penyakit seperti cacing, kutu, masalah pernapasan, dan masalah pencernaan. Burung Anda perlu diberi obat cacing setiap tiga bulan dan diobati terhadap tungau dan kutu setiap enam minggu. Tanyakan kepada anggota tim  setempat tentang produk yang dibutuhkan untuk melindungi hewan peliharaan Anda .

Burung kenari rentan terhadap berbagai infeksi dan penyakit, jadi penting untuk selalu memerhatikan kesehatannya. Risiko penyakit jauh lebih tinggi jika ada unggas baru yang datang dan jika peternakan dan nutrisi tidak mencukupi. Jika Anda melihat tanda-tanda peringatan – seperti bulu berbulu, mata tertutup, lesu, postur membungkuk, ekor dan / atau sayap terkulai, bersin dan batuk, diare dan pernapasan tidak teratur – rujuk ke Dokter Hewan  setempat .

Tip keamanan hewan peliharaan

Terkadang kenari Anda mungkin tidak menyesuaikan diri dengan rumah barunya seperti yang Anda harapkan. Hal ini mungkin terjadi jika Anda melihat kurangnya aktivitas, menghindari makanan dan minuman, bulu yang berbulu atau tercabut, atau paruh bengkak.

Ingatlah bahwa kenari tidak suka dipegang dan akan menggigit atau menggaruk – terutama jika mereka stres – jadi sebaiknya tinggalkan kenari Anda untuk menyesuaikan diri dengan rumah barunya. Jika Anda harus memegang kenari Anda, pastikan Anda mencuci tangan dengan saksama sebelum dan sesudah kontak apa pun.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *