Sebelum Service Toyota, Pelajari Komponen Mobil yang Wajib Dicek Tiap Service Berkala

Memiliki mobil Toyota pribadi membuat Anda harus mempersiapkan segala kebutuhan kendaraan, mulai dari melindungi mobil dengan asuransi hingga melakukan servis Toyota berkala di bengkel Toyota. Servis rutin merupakan hal yang krusial bagi kesehatan kendaraan, karena jika lalai menservis bukan tak mungkin dapat menyebabkan masalah serius pada kendaraan.

Sebagai pemilik mobil yang baik, Anda dituntut untuk memahami perihal servis mobil berkala. Mulai dari kapan waktu yang tepat untuk servis hingga apa saja komponen yang wajib diperiksa ketika melakukan servis berkala. Agar nantinya ketika Anda datang ke bengkel untuk melakukan servis, Anda telah memiliki cukup bekal mengenai servis mobil Toyota milik Anda.

Apa Itu Servis Berkala?

Merupakan kegiatan servis yang dilakukan secara rutin dan sudah terjadwalkan dengan baik dalam suatu kurun waktu, atau setelah melewati beberapa kali servis rutin.

Mengapa Servis Berkala Mobil Penting?

Beberapa alasan mengapa servis mobil dianggap penting, diantaranya:

  • Untuk memperpanjang usia mobil
  • Untuk mengganti suku cadang
  • Untuk memastikan komponen kendaraan berfungsi dengan baik
  • Untuk memperpanjang umur mesin
  • Untuk menghemat pengeluaran

Komponen Apa Saja yang Wajib Diperiksa Setiap Servis Berkala?

Tiap-tiap mobil Toyota memiliki beberapa komponen penunjang mulai dari sebagai alat penggerak hingga sebagai fitur keselamatan dan fitur kenyamanan. Karena itulah terdapat beberapa komponen mobil yang wajib diperiksa ketika melakukan servis berkala, apa saja?

  • Balancing dan Spooring

Salah satu faktor kenyamanan dan keamanan dalam berkendara adalah kondisi roda mobil yang seimbang dan lurus. Mobil yang kerap melewati jalanan berlubang atau rusak dapat mengakibatkan presisi roda cepat berubah, karena itulah setiap melakukan servis berkala di bengkel Toyota tak lupa untuk memastikan balancing dan spooring mobil.

Spooring sendiri adalah proses yang dilakukan untuk meluruskan kedudukan roda mobil seperti posisi awal dengan meluruskan dua roda bagian depan. Sedangkan balancing adalah menyeimbangkan kembali putaran roda, dan umumnya dilakukan setelah penggantian pelek atau ban.

  • Air Condition (AC)

AC merupakan komponen penting yang juga perlu diperhatikan tiap kali melakukan servis berkala, mulai dari pembersihan, refigeran, hingga mengganti pelumas.

Umumnya servis ini dilakukan setiap satu tahun sekali atau setiap 10.000 km jika mobil digunakan untuk transportasi dalam kota, atau 20.000 km jika kerap digunakan ke luar kota. Namun jika Anda tinggal di kota yang memiliki tingkat polusi tinggi, Anda dapat melakukan servis AC rutin setiap 3.000 km.

  • Kaki-Kaki

Kaki-kaki mobil seperti stabilizer, tierod, ball joint, dan booshing tentu memiliki usia pakai tersendiri. Sehingga Anda wajib mengganti komponen tersebut setiap 10.000 km atau 5 tahun sekali, itu pun jika mobil Toyota Anda mayoritas dipergunakan di jalanan mulus.

Pasalnya, kondisi jalanan dan juga bagaimana karakter si pengemudi dapat memengaruhi usia pakai komponen diatas tersebut. Jika terasa terjadi masalah dan terus didiamkan, bukan tak mungkin dapat mengakibatkan ban mobil Anda terlepas.

  • Busi

Meskipun memiliki bentuk kecil, bukan berarti benda yang satu ini dapat dilupakan ketika melakukan servis berkala di bengkel Toyota.

Busi berperan penting bagi mobil, sehingga keadaan busi yang kotor dapat membuat Anda kesulitan untuk menyalakan mobil hingga membuat bahan bakar semakin boros. Karena itu busi perlu rutin dibersihkan dan diganti setiap mobil menempuh jarak 20.000 km.

Tak Perlu Repot Datang ke Bengkel Toyota, Manfaatkan Toyota Home Service

Tak jarang para pemilik mobil yang merasa malas datang ke bengkel untuk melakukan servis berkala mobil karena berbagai alasan, mulai dari malas mengantri hingga tidak memiliki banyak waktu luang.

Namun kini Anda tak perlu repot membawa mobil ke bengkel untuk servis, karena Astrido Toyota memberikan layanan Toyota Home Servis yang memungkinkan Anda untuk melakukan servis mobil Toyota dimana saja sesuai keinginan Anda.

Layanan Toyota Home Service dirasa lebih menguntungkan, karena Anda tidak dibebankan biaya kunjungan meskipun mekanik datang langsung ke lokasi Anda. Mekanik yang didatangkan pun merupakan mekanik tersertifikasi Toyota, dengan harga servis yang sama seperti di bengkel Toyota.

Itulah beberapa komponen mobil yang wajib diperiksa tiap Anda melakukan service berkala di bengkel Toyota maupun melalui layanan Toyota Home Service, agar nantinya berkendara pun semakin aman dan juga nyaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *