Tips Memulai Bisnis, Sekalipun Tak Tahu Mulai Dari Mana

Tips Memulai Bisnis, Sekalipun Tak Tahu Mulai Dari Mana

Ingin memulai bisnis tapi tidak memahami wajib terasa dari mana? Eits, jangan khawatir – anda nggak sendirian, kok! Kalau kita menyaksikan realitas hari ini, banyak orang mendapatkan “pekerjaan” yang dulunya mereka pikir tak ada. Ada juga yang lebih suka menciptakan pekerjaan yang mereka sukai sehingga cocok bersama dengan obyek hidup mereka. Apa pun stimulus untuk menjadi bos bagi dirimu sendiri, anda mampu memulainya hari ini juga!

Ha? Bagaimana caranya? Ini 8 tips dari Tamara Monosoff, pengarang buku “Your Million Dollar Dream: Regain Control & Be Your Own Boss”, “The Mom Inventors Handbook”, “Secrets of Millionaire Moms”.

1. Ambil sikap

Jika tidak suka bersama dengan keadaan kala ini, tak tersedia yang mampu memperbaikinya kalau anda sendiri. Tak tersedia gunanya menyalahkan keadaan perekonomian, bosmu, pasangan atau keluarga. Perubahan cuma mampu terjadi disaat anda mengakibatkan keputusan untuk mewujudkannya.

Baca juga: Tertarik Menggeluti Bisnis Startup? Kuasai 5 Hal Ini https://wongcerdas.com

2. Identifikasi bisnis yang tepat

Bereksplorasilah. Lihatlah beragam sisi diri (kepribadian, type sosial, usia) dan dengarkan intuisimu. Kita cenderung meremehkan intuisi walaupun jauh di lubuk hati kita sering memahami yang sebenarnya. Tanyakan terhadap diri sendiri, “Apa yang berikan saya energi bahkan disaat saya lelah?”

Bagaimana anda memahami bisnis apa yang “tepat” untukmu? Ada tiga pendekatan umum untuk kewirausahaan:

Lakukan yang anda tahu: Kamu pernah di-PHK atau idamkan perubahan? Lihatlah pekerjaanmu sbelumnya dan hiraukan seumpama anda mampu mengemas keterampilan itu dan menawarkannya sebagai sarana atau produkmu sendiri.

Lakukan yang orang lain lakukan: Pelajari perihal bisnis lain yang menarik minatmu. Setelah mengidentifikasi bisnis yang anda sukai, tiru dan modifikasikanlah!

Pecahkan kasus umum: Apakah tersedia celah di pasar? Apakah tersedia sarana atau produk yang idamkan anda menawarkan ke pasar? (Catatan: Ini adalah risiko tertinggi dari tiga pendekatan yang ada). Jika memilih untuk laksanakan ini, pastikan anda mempelajarinya dan mendapatkan pengetahuan lebih-lebih dahulu sebelum saat mengeluarkan uang.

Baca juga: Kutipan Cerdas Warren Buffett untuk Pelaku Bisnis

3. Perencanaan bisnis meningkatkan peluang untuk sukses

Kebanyakan orang tidak merencanakan, tapi itu bakal membantumu meraih pasar lebih cepat. Rencana bisnis bakal membantumu mendapatkan kejelasan, fokus, dan keyakinan diri. Rencana tak wajib lebih dari satu halaman. Ketika menuliskan tujuan, strategi, dan langkah-langkah tindakan, bisnismu menjadi nyata.

Tanyakan dirimu pertanyaan-pertanyaan berikut:

Apa yang sedang saya bangun?

Siapa yang bakal saya layani?

Apa yang saya janjikan untuk pelanggan/ klien dan untuk saya sendiri?

Apa tujuan, strategi, dan konsep tindakan saya (langkah-langkah) untuk meraih tujuan?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *